Facebook Twitter RSS Feed
Berita Terbaru :

Kumpulan Pantun Jenaka Lucu

Pantun Jenaka. Pantun merupakan salah satu bentuk puisi asli Indonesia, Pantun termasuk golongan puisi lama yang bersajak ab-ab. Terdiri dari 4 baris dengan baris pertama & kedua sebagai sampiran serta baris ketiga & keempat sebagai isinya. Macam pantun memang banyak, dilihat dari isinya pantun dibagi menjadi 5: pantun anak anak, pantun jenaka, pantun muda mudi, pantun nasihat dan pantun teka teki. Sedangkan kalau dilihat dari bentuknya ada karmina, empat seuntai dan talibun.

Sebagai alat pemelihara bahasa, pantun berperan sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berfikir. Pantun melatih seseorang berfikir tentang makna kata sebelum berujar. Ia juga melatih orang berfikir asosiatif, bahwa suatu kata bisa memiliki kaitan dengan kata yang lain.

Secara sosial pantun memiliki fungsi pergaulan yang kuat, bahkan hingga sekarang. Di kalangan pemuda sekarang, kemampuan berpantun biasanya dihargai. Pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan bermain-main dengan kata.

Namun demikian, secara umum peran sosial pantun adalah sebagai alat penguat penyampaian pesan.

Pada postingan kali ini saya tidak akan membahas semua jenis pantun di atas, namun hanya akan sedikit membahas mengenai Pantun Jenaka atau yang sering disebut dengan pantun lucu. Karena Pantun Jenaka ini memang banyak disukai oleh orang orang,  dengan pantun ini, kita bisa mencairkan suasana, merefresh suasana sejenak, atau bisa juga menarik tawa dan senyum dari orang yang mendengarkan pantun jenaka kita. jadi, kita bisa terhindar dari stress.

Pengertian Pantun Jenaka :

Pantun Jenaka adalah pantun yang bertujuan untuk menghibur orang yang mendengar, terkadang dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban, sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung, dan dengan pantun jenaka diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.


Pantun Jenaka

Naik kebukit membeli lada
Lada sebiji dibelah tujuh
Apanya sakit berbini janda
Anak tiri boleh disuruh
Orang Sasak pergi ke Bali
Membawa pelita semuanya
Berbisik pekak dengan tuli
Tertawa si buta melihatnya

Jalan-jalan ke rawa-rawa
Jika capai duduk di pohon palm
Geli hati menahan tawa
Melihat katak memakai helm
Mari dik mari makan kuaci
Boleh dimakan asin kulitnya
Katanya kamu pandai bernyanyi
Perutku sakit mendengarnya

Beli bandeng
di malaysia
Gue ganteng
kayak pasia (wkwkw, pasha ungu)
Bunga mawar jangan di bungkus
kalau dibungkus hilang sarinya,
punya pacar jangan diputus
kalau diputus sakit hatinya

Hujan turun rintik-rintik
Duduk berdua di teras rumah
Ingin punya cewek cantik
Syaratnya rumah dan mobil mewah
Ke Palembang beli empek-empek
Jangan lupa kasih cuka.
Hidungmu itu memang pesek
Makanya gak ada yang suka (wah menghina banget ya,wkwkw)

kalau mau menanam padi
lihat dulu cuacanya
kalau tau ku mau mandi
Jangan lupa, ngintip ya! (iih, porno deh)
seorang anak bernyanyi ria
sambil bernyanyi menari pula
siapa yang tidak bakal tertawa
disangka waras ternyata gila

Kalau punya gigi ompong
cepat cepat ke dokter gigi
kalau jadi anak sombong
pasti nanti jadi rugi.
Disini bingung, Disana linglung
mangnya enak, engga nyambung….

Pantun Jenaka

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Berakit-rakit melulu
Kapan aku dapat gantian?
Beli kain warnanya merah
Dari kediri pakenya batik
Digodain jangan marah
Salah sendiri punya wajah cantik

ndah cinta karena sayang
indah senyuman karena kenal
indah dia karena masih bujangan
indah itu,,,,, awas gombal
Nonton bioskop horor Indonesia
Bersama pacar cantik jelita
Hidup jangan disia-sia
Dekati wanita sebanyak-banyaknya (wah, parah ni)

Semoga sedikit pantun jenaka di atas bisa bermanfaat bagi anda, kembangkan terus pantun jenaka yang bisa anda buat, dengan pantun jenaka kita bisa saling berbagi canda dan tawa bersama. :)


Posted at: 3:21 PM
Kumpulan Pantun Jenaka Lucu



Like This Yoo :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 comments:

Ratu Gombal said...

panas panas kota jakarta
akibat pemanasan dunia
bila ingin lulus sarjana
tidur malam tanpa celana

hahahaha

Anonymous said...

orang salah dihukum pancung
hukum pancung karena salahnya
lu boleh hidungnya mancung
hidung mancung banyak dosanya

michael setiady said...

Mau minum jamu, biar bisa
seger seminggu. Aku suka
kamu, tapi bukan berarti mau
menunggu.

Post a Comment