Facebook Twitter RSS Feed
Quote Terbaru :

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Alhamdulillah besok Umat Muslim seluruh dunia akan merayakan kemenangan, setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa. Menahan segala bentuk godaan hawa nafsu, tibalah hari yang ditunggu-tunggu di mana biasanya kita saling bermaaf-maafan kepada sesama. Meskipun dalam ajaran Islam kita dianjurkan tidak mengkhususkan hari untuk sekedar meminta maaf, bila kita punya salah cepatlah meminta maaf kepada orang yang kita dzolimi, tidak harus menunggu Hari Raya Idul Fitri.

Mengenai Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri tentu tidak asing lagi bagi kita, karena sekarang itu memang rada aneh ucapan-ucapan yang sering kita jumpai. Mulai dari yang nol-nol ya!, lahir bathin kawan, kosong-kosong bro! Lantas ucapan seperti itu mau kita pakai apa coba, la wong niatnya mau minta maaf kok ucapannya tidak sopan.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri


Oleh karena itu, ucapan-ucapan di atas tidak satupun yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad. Karena Nabi juga sudah mengajarkannya kepada kita, hanya saja kita yang maunya seenaknya sendiri. Lantas bagaimanakah Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang syar'i? berikut penjelasannya..

Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar[Fathul Bari 2/446] : “Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata (yang artinya) : Para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bila bertemu pada hari raya, maka berkata sebagian mereka kepada yang lainnya : Taqabbalallahu minnaa wa minkum (Semoga Allah menerima dari kami dan darimu)”.

Ibnu Qudamah dalam “Al-Mughni” (2/259) menyebutkan bahwa Muhammad bin Ziyad berkata : “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan selainnya dari kalangan sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka bila kembali dari shalat Id berkata sebagiannya kepada sebagian yang lain : Taqabbalallahu minnaa wa minka.

Beberapa shahabat menambahkan ucapan shiyamana wa shiyamakum, yang artinya puasaku dan puasa kalian. Jadi ucapan ini bukan dari Rasulullah, melainkan dari para sahabat.

Kemudian, untuk ucapan minal ‘aidin wal faizin itu sendiri adalah salah satu ungkapan yang seringkali diucapkan pada hari raya fithri. Sama sekali tidak bersumber dari sunnah nabi, melainkan merupakan ‘urf (kebiasaan) yang ada di suatu masyarakat, dalam hal ini ya di Indonesia saja.

Marilah kita berlapang dada, menyambut hari kemenangan dengan suka cita tanpa ada dendam di antara sesama. Mari bersalam-salaman, namun ingat jangan menyalami orang yang bukan mahram. Laki-laki tidak boleh bersalaman dengan wanita bila dia bukan mahramnya.

Rating: 4


Posted at: 11:05 AM
Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri



Like This Yoo :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comments:

Obat Keputihan said...

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Post a Comment