Facebook Twitter RSS Feed
Berita Terbaru :

Ciri Ciri Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya

Ciri Ciri Penyakit Jantung. Selamat siang teman-teman. Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai Ciri Ciri Penyakit Jantung. Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti dan merupakan penyakit yang berbahaya setelah Kanker dan AIDS. Sebagian orang yang menderita penyakit jantung ini tidak merasakan gejala apapun.

Oleh karena itu dengan membaca artikel mengenai Ciri Ciri Penyakit jantung kita diharapkan bisa mengetahui dan mengerti apa saja yang menjadi penyebab maupun gejala gejala yang ditimbulkan dari penyakit jantung tersebut.


sebelum membaca lebih jauh mengenai Ciri Ciri penyakit Jantung pada umumnya, ada baiknya anda juga harus mengetahui macam-macam penyakit jantung. Menurut diagnosa, penyakit jantung ada bermacam-macam. Berikut penjelasan lengkapnya disertai dengan gejala gejala klinis yang nampak :

Penyakit Jantung
Ciri Ciri Penyakit jantung

Ciri Ciri Penyakit jantung


1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Atau disebut juga dengan istilah aterosklerosis, hal ini terjadi ketika bahan lemak dan zat-zat lainnya membentuk plak pada dinding arteri. Hal ini menyebabkan arteri yang dialiri darah menjadi sempit. Karena aliran sempit pada arteri koroner, darah ke jantung menjadi lambat bahkan berhenti. Tentu saja dalam keadaan seperti ini seseorang akan mengalami sesak napas, nyeri pada dada, sakit kepala disertai mual mual.


2. Penyakit jantung bawaan

a. Sianotik ( ciri klinisnya ialah biru di bagian tubuh, bibir, dan jari-jari tangan)
b. Asianotik ( tidak biru )

3. Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu dari macam-macam penyakit jantung yang paling berbahayadan mematikan. Serangan jantung disebabkan karena banyak hal, namun yang paling utama ialah karena terhambatnya aliran darah menuju otot-otot jantung. Hal ini menyebabkan jantung tidak dapat berfungsi sama sekali dan biasanya terjadi secara mendadak.


4. Pericarditis

Pericarditis. teman-teman ada yang tahu apa yang dimaksud dengan pericarditis? Pericarditis merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya infeksi pada organ jantung. Infeksi pada organ jantung tersebut bisa disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun virus HIV. Penyebab lain ialah karena adanya pengaruh efek samping dari obat-obatan tertentu yang menyebabkan peradangan pada kantong pericardial dan pericarditis.


5. Gagal Jantung

Gagal jantung juga merupakan salah satu dari macam-macam penyakit jantung. Pada penderita gagal jantung, detakan jantungnya tidak berjalan secara normal. Penyebabnya adalah rusaknya otot jantung serta karena adanya beban jantung yang berlebihan. Ciri Ciri Gagal jantung ialah: Cepat terasa capek, Sesak nafas, baik saat aktifitas biasa, ringan, bahkan pada saat istirahat, tungkai bengkak ( edema ), sulit tidur pada posisi berbaring, biasanya lebih nyaman dengan posisi setengah duduk

Ada 4 pembagian kelas dari gagal jantung :

a. fungsional class 1
b. fungsional class 2
c. fungsional class 3
d. fungsional class 4

untuk pengertian dari masing-masing fungsional class bisa anda browsing sendiri lewat internet maupun membaca dari referensi lain.

Untuk macam-macam penyakit jantung mungkin hanya itu yang bisa saya share, sebenarnya masih ada banyak lagi. Tapi teman-teman bisa mencarinya sendiri di internet.

Ciri Ciri Penyakit Jantung :

1. Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.
2. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).
3. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin
4. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung
5. Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung
6. Berkeringat sangat banyak pada waktu malam
7. Dada dan bagian punggung terasa tertekan sehingga sulit bernafas
8. Lengan bagian dalam dari ketiak sampai siku-2, bahkan
9. Menjalar sampai ke jari-jari, terasa kram atau kesemutan
10. Rahang terasa kaku dan kram

Dan masih banyak lagi ciri ciri penyakit jantung lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, karena bisa saja berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Namun pada umumnya ciri ciri penyakit jantung di atas bisa menggambarkan bahwa seseorang telah menderita penyakit jantung, baik penyakit jantung koroner maupun penyakit jantung yang lainnya. Jadi sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang anda harus sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh bagi diri anda masing-masing.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung :

1. Pola makan yang sehat
2. Berhentilah merokok mulai detik ini juga ! atau sama saja mengantar nyawa dengan sukarela melalui bantuan rokok bila tetap anda teruskan.
3. Hindari stress
4. Kurangi berat badan berlebih (obesitas)
5. Olahraga secara teratur
6. Mengkonsumsi antioksidan
7. Hindari juga makanan dengan kandungan kadar gula tinggi

Ya itulah sedikit info mengenai Ciri Ciri Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya. Semoga dengan membaca artikel singkat di atas, anda bisa semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung anda masing-masing. ingat : "Sayangi jantung anda sekarang juga !"



Posted at: 3:04 PM
Ciri Ciri Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya



Like This Yoo :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

26 comments:

armouris said...

lagi info tentang serangan jantung di SIHAT SELALU - Bagaimana Serangan Jantung Terjadi

Obat Pembesar said...

makasih postingannya...

Obat Asam Urat said...

makasih infonya yaa.

Obat dan Kesehatan said...

Jantung sehat, hidup nikmat, aktivitas kuat.

Baju muslim anak said...

Thk u buat artikelnya. sangat bermanfaat.

Obat Kolesterol said...

Artikelnya bermanfaat terima kasih

Persada said...

Terimakasih atas maklumat yang berguna ni

Obat Kuat said...

Thanks...

SAKIT KEPALA said...

Terima kasih infonya,
salam dari "ahli sakit kepala".

TRIGLISERIDA TINGGI said...

Alhamdulillah, sakit jantung saudara saya sembuh setelah terapi alami. Penyebabnya karena "kolesterol trigliserida tinggi".

91 said...

Maka DAri itu Kita harus pintar pintar , menjaga kesehatan . dengan pola hidup yang sehat

Cara Menghilangkan Komedo said...

thanks infonya...... :)

Pabrik Tas Punggung said...

Wah mantap nih info nya. Nice share sob.. :D

Rhna said...

kalo di bagian perut sering terasa urat ketarik dan di bagian kiri perut sering terasa sakit itu penyakit apa yach ???

buat anak kok coba coba said...

thanks gan atas info nya..udah denger fenomena penyakit jantung karena setan gak gan.nice share gan.apakah setan hantu dan jin bisa membunuh manusia gan? Tentu saja bisa gan,kar.. selengkapnya>>>

Obat tradisional gagal ginjal said...

wah mantep ni lengkep banget gan ... makasi gan atas infonya ... ??????

gamat luxor said...

tak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi obat herbal ..

ayu DIET dan SEHAT said...

sipp gan... nambah ilmu ane... ni... thanks gan...

ikamerdekawati said...

waaah postingan yang sangat bagus dan sangat memberikan referensi,
semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi semuanya yah,
kalau sempat bisa kunjungi blog saya di
http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

terimakasih ^^

Dina Ningrum said...

Nice info.. :)
Tanda2x slah satu ada di aq. :'(
i hope i'm fine
kunjungi juga http://bem.unair.ac.id/

Happy Nanda said...

TERIMAKASIH.
BERBAHAGIALAH ANDA
KARNA ORANG YANG BISA MEMANFAATKAN TULISAN ANDA
ANDA AKAN DIBERI KEBAIKAN OLEH TUHAN
TERIMAKASIH

jak1 said...

mau nanya min kalo,,,dada deg"an trus larinya ke kepala,,,,itu gejala apah msh bs d sembuhkan min......

jantung koroner said...

thanks you untuk artikelnya, sangat bagus

aji erwan nuryantoro said...

izin copas kak artikelnya, saya sangat menyukai bahasan tentang ini. artikel ini membantu saya untuk melengkapi tugas IBD saya, terimakasih

dimdroid said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Tria Kusuma Dewi said...

wah jadi menambah wawasan saya tentang ciri-ciri penyakit jantung diatas, makasih kak :)

Post a Comment